Info Pendidikan:
Home » » Kebaikan dalam Posisi Tidur

Kebaikan dalam Posisi Tidur

Written By Siti Nurjanah on Sabtu, 08 Maret 2014 | 08.43


Selain memenuhi kriteria jumlah jam tidur selama 6-8 jam sehari, manfaat tidur bagi kesehatan jasmani maupun rohani akan didapatkan secara maksimal dengan membiasakan posisi tidur yang benar. Tata cara tidur yang benar menurut Nabi Muhammad SAW, adalah memiringkan badan ke kanan. Apa kebaikan yang akan kita peroleh ketika memiringkan badan ke arah kanan ketika tidur?
Tiga manfaat yang dapat diambil dari posisi tidur miring ke kanan, yaitu:
  • Menjaga Kesehatan Jantung
Posisi jantung kita  lebih condong ke arah kiri. Bila tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya. Sedangkan tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan ter jadinya curah jantung yang tidak optimal. Darah yang masuk ke serambi kanan (atrium dekstra) berasal dari seluruh tubuh yang berisi sisa metabolisme (darah kotor), sedang bagian serambi kiri (atrium  sinestra) menerima darah yang telah dibersihkan dari paru-paru, untuk selanjutnya mengalir ke bilik kanan (ventrikel sinestra) yang akan dipompakan ke seluruh tubuh. Bayangkan bila tidur anda miring  ke arah kiri! Mengganggu bukan?
  • Menjaga saluran pernafasan
Tidur dengan posisi telentang, mengakibatkan saluran pernafasan terhalang oleh lidah yang jatuhnya di arah pangkal. Posisi ini juga mengakibatkan seseorang mendengkur. Mendengkur saat tidur menyebabkan tubuh kekurangan oksigen, bahkan dapat mengakibatkan terhentinya nafas untuk beberapa detik yang akan membangunkannya dari tidur. Orang tersebut biasanya akan bangun dengan keadaan pusing karena kurangnya oksigen yang masuk ke otak. Tentunya ini sangat mengganggu kualitas tidur. Dengan demikian hendaknya tidur dengan posisi miring untuk mencegah jatuhnya lidah ke pangkal yang dapat mengganggu saluran pernafasan.
  • Menjaga kesehatan paru-paru
Ukuran paru-paru kiri lebih kecil dibanding paru-paru kanan. Jika tidur miring ke sebelah kanan, jantung akan condong ke sebelah kanan. Hal ini tidak menjadi masalah karena paru-paru kanan lebih besar. Lain halnya jika bertumpu pada sebelah kiri,  jantung akan menekan paru-paru  kiri yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik.

 Tidur dengan posisi miring ke kanan bukan berarti dilakukan sepanjang satu periode tidur. Ketika memulai tidur dengan posisi miring kanan, upayakan sebentar untuk miring ke kiri atau terlentang, kemudian ke arah kanan lagi.  Ini perlu  dilakukan untuk menghindari kaku otot dan aliran darah yang tidak lancar. Upayakan tidur dengan benar demi kesehatanmu!

Written by : Siti Nurjanah | Blog Siti Nurjanah

Terimakasih telah membaca artikel: Kebaikan dalam Posisi Tidur , yang ditulis oleh Siti Nurjanah, pada hari Sabtu, 08 Maret 2014. Jika pembaca ingin sebarluaskan artikel diatas, mohon sertakan sumber link asli di bawah ini. Kritik, saran maupun pertanyaan dapat anda sampaikan di kotak komentar atau SMS ke; 0858-7023-2258. Ok...thanks!.

Share artikel diatas: :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support, Design & Published by: Creating Website | Johny Template | Mas Template | Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014, Author: Siti Nurjanah - All Rights Reserved