Info Pendidikan:
Home » , » Penyebab KTD Pada Remaja

Penyebab KTD Pada Remaja

Written By Siti Nurjanah on Kamis, 20 Februari 2014 | 00.33

       Setelah Anda menyimak artikel sebelumnya tentang Keprihatinan pada Fakta Remaja, kini kami lanjutkan dengan uraian singkat mengenai beberapa penyebab kehamilan tidak diinginkan atau disingkat dengan KDT di kalangan remaja.

 Penyebab Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) Pada Remaja;
  1. Penundaan dan peningkatan jarak usia nikah dan semakin dininya usia menstruasi pertama ( menarche ). Usia menstruasi yang semakin dini dan usia kawin yang semakin tinggi menyebabkan ‘ masa – masa rawan semakin panjang. Hal ini terbukti dengan banyaknya kasus hamil di luar nikah. 
  2. Ketidaktahuan atau minimnya pengetahuan tentang perilaku seksual yang dapat menyebabkan kehamilan. Dan banyak mitos yang dipercaya oleh para remaja yang belum ada penjelasan medis, misalnya: Satu kali sexual intercourse tidak akan hamil, sesudah sexual intercourse vagina dicuci dengan minuman berkarbonasi, loncat – loncat sesudah sexual intercourse agar tidak terjadi pembuahan, minum pil tuntas untuk menggugurkan kehamilan, tidak tahu apa itu sexual intercourse dan akibatnya, dan sebagainya. 
  3. Adanya keadaan sosial yang tidak memungkinkan (misal ; incest)  
  4. Akibat pemerkosaan.
  5. Dalam lingkungan yang tidak mengijinkan untuk terjadinya kehamilan (misal; sekolah, training).

Kerugian KTD pada Remaja

A.      Karena remaja atau calon ibu merasa tidak ingin dan tidak siap untuk hamil maka ia bisa saja tidak mengurus dengan baik kehamilannya. Yang seharusnya ia mengkonsumsi minuman, makanan, vitamin yang bermanfaat bagi pertumbuhan janin dan bayi nantinya bisa saja hal tersebut tidak dilakukannya. Begitu pula ia bisa menghindari kewajiban untuk melakukan pemeriksaan teratur pada bidan atau dokter. Dengan sikap – sikap tersebut di atas sulit dijamin adanya kualitas kesehatan bayi yang baik.

B.    Ibu muda pada waktu hamil sering mengalami ketidakteraturan tekanan darah yang dapat berdampak pada keracunan kehamilan serta kekejangan yang berakibat pada kematian.

C.  Penelitian juga memperlihatkan bahwa kehamilan usia muda ( dibawah 20 tahun ) seringkali berkaitan dengan munculnya kanker rahim. Ini erat kaitannya dengan belum sempurnanya perkembangan dinding rahim.

D.  Sulit mengharapkan adanya perasaan kasih sayang yang tulus dan kuat dari ibu yang mengalami KTD terhadap bayi yang dilahirkannya nanti. Sehingga masa depan anak mungkin saja terlantar.

E.    Tekanan lingkungan bisa terjadi pada remaja.

F.     Putus sekolah.

G.    Mengakhiri kehamilannya atau sering disebut sebagai aborsi.

Di Indonesia aborsi dikatagorikan sebagai tindakan illegal atau melawan hukum. Karena tindakan aborsi adalah illegal maka sering dilakukan secara sembunyi–sembunyi dan karenanya dalam banyak kasus jauh dari jaminan kesehatan  (unsafe).
     Lantas bagaimana upaya pencegahan KTD di kalangan remaja bisa anda simak artikelnya di sini.

Written by : Siti Nurjanah | Blog Siti Nurjanah

Terimakasih telah membaca artikel: Penyebab KTD Pada Remaja, yang ditulis oleh Siti Nurjanah, pada hari Kamis, 20 Februari 2014. Jika pembaca ingin sebarluaskan artikel diatas, mohon sertakan sumber link asli di bawah ini. Kritik, saran maupun pertanyaan dapat anda sampaikan di kotak komentar atau SMS ke; 0858-7023-2258. Ok...thanks!.

Share artikel diatas: :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support, Design & Published by: Creating Website | Johny Template | Mas Template | Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014, Author: Siti Nurjanah - All Rights Reserved