Info Pendidikan:
Home » » Keutamaan Orang yang Taat

Keutamaan Orang yang Taat

Written By Siti Nurjanah on Sabtu, 12 Agustus 2023 | 19.35

 Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Semangat Pagi

Jum'at, 19 Mei 2023

Bismillaahirrohmaanirrohiimi Allahumma sholli 'alaa sayyidina Muhammad


Keutamaan Orang yang Taat








pict: https://www.google.com/search?sca_esv=556421098&q=taat+istiqomah,+bersyukur&tbm=isch&source=lnms&sa=X&ved=2ahUKEwiRxtG5ydiAAxXHTWwGHd3vAA

Yang dimaksudkan disini adalah taat kepada Allah dan  Rasulullah.Yaitu taat patuh dan tunduk dalam melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya. Mengapa ucapan ketaatan kepada Allah selalu dirangkai dengan ketaatan kepada Rasul-Nya? 

  1. Ya, karena Rasulullah Muhammad shallalllahu 'alaihi wa sallam adalah utusan Allah. Beliau diutus untuk menyampaikan wahyu dari Allah. Dan apa yang beliau sampaikan (beliau ucapkan dan beliau lakukan) adalah pengejewantahan dari wahyu Allah.
  2. Ya, karena mustahil saja orang yang mengaku taat dan cinta kepada Allah tapi dia tidak taat dan cinta kepada Rasulullah. Karena taat dan cinta kepada Allah harus dilalui dengan taat dan cinta kepada Rasulullah.
  3. Sesungguhnya apa yang diperintahkan oleh Rasul adalah perintah dari Allah. Dan apa yang dilarang oleh Rasul adalah larangan dari Allah.
  4. Karena Rasulullah adalah orang yang harus kita ikuti, kita contoh dan kita teladani. Pada diri beliau ada suri tauladan yang terbaik.

Apa keutamaan orang yang taat?

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman :

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَٰئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ ۚ وَحَسُنَ أُولَٰئِكَ رَفِيقًا

"Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: para Nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang shalih. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya."(QS. An-Nisa : 69)

Dari ayat tersebut jelas bahwa orang yang "taat kepada Allah dan Rasul-Nya", maka dia berada pada kelas yang tertinggi. Karena dia akan dikumpulkan dengan manusia yang berkelas (berderajat) tinggi. Saudaraku, seperti kita ketahui bahwa ada 4 golongan manusia yang tertinggi yaitu :

  1. Nabiyyin, yaitu golongannya para Nabi dan termasuk para Rasul.
  2. Shiddiqin, yaitu orang yang jujur dalam beragama, paling bagus agamanya, membenarkan apa yang dibawa oleh Rasul, dan langsung melaksanakan semua aturan agama.
  3. Syuhadaa, yaitu kelompoknya orang-orang yang gugur dalam berjihad di jalan Allah. Mereka orang yang ikhlas dalam berjuang utuk kemajuan Islam.
  4. Shalihin, yaitu kelompoknya orang-orang yang shalih, orang yang jauh dari fasik, dosa dan kemaksiatan.

Beruntung sekali orang yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Dia langsung tunduk dan patuh jika Allah telah menetapkan sesuatu dan jika Rasul telah menyampaikan sesuatu. Tanpa banyak tanya, mereka langsung melaksanakan semua perintah Allah. Tanpa rasa sambat mereka langsung menjauhi semua larangan Allah. Mereka melaksanakn semuanya dengan ketaaan dan ketulusan hatinya.

Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala menjadikan kita salah satu orang diantaranya, bisa bersama para Nabi, para shiddiqin, syuhada dan shalihin. Aamiin yaa Rabbal 'alamiin.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Catatanku:

Tidak ada seorang hamba Allah pun kecuali ia memiliki empat buah mata. Dua mata terletak pada kepalanya yaitu untuk melihat urusan dunianya, dan dua mata yang lain terletak pada hatinya yaitu untuk melihat urusan agamanya. Rasulullah Muhammad SAW:

 اَلْقَلْبُ يَرَى أَكْثَرَ مِنَ الْعَيْنِ " Hati lebih mampu melihat daripada mata"


Ku ingatkan pada diriku, juga kepada anak-anakku..

Ayoo diresiki ..(mari dibersihkan)

Diuripi... (dihidupkan)

Tur disuwunke lan diikhtiari ...(juga dimohonkan dan diupayakan)

amrih  lembute ati.... (agar lembut hati)


Semoga kita memiliki hati yang indah. Aamiin...❤️

Written by : Siti Nurjanah | Blog Siti Nurjanah

Terimakasih telah membaca artikel: Keutamaan Orang yang Taat, yang ditulis oleh Siti Nurjanah, pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023. Jika pembaca ingin sebarluaskan artikel diatas, mohon sertakan sumber link asli di bawah ini. Kritik, saran maupun pertanyaan dapat anda sampaikan di kotak komentar atau SMS ke; 0858-7023-2258. Ok...thanks!.

Share artikel diatas: :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support, Design & Published by: Creating Website | Johny Template | Mas Template | Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014, Author: Siti Nurjanah - All Rights Reserved