Info Pendidikan:
Home » » JANGAN MENUNDA-NUNDA TAUBAT

JANGAN MENUNDA-NUNDA TAUBAT

Written By Siti Nurjanah on Jumat, 11 Agustus 2023 | 23.34

 Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Semangat Pagi

Kamis, 18 Mei 2023

Bismillaahirrohmaanirrohiimi Allahumma sholli 'alaa sayyidina Muhammad


JANGAN MENUNDA-NUNDA TAUBAT








Pict: https://www.google.com/search?sca_esv=556221820&q=menunda+taubat&tbm=isch&source=lnms&sa=X&ved=2ahUKEwiO7Yz_vdaAAxUpyDgGHVrkAvkQ0pQJeg

Ada yang mengatakan "Dosa saya masih kecil saja, taubatnya nanti saja kalau dosa-dosa besarku sudah banyak."Ada pula yang mengatakan "Saya akan bertaubat setelah tua saja, ini masih muda kok." Itu namanya menunda-menunda taubat. Seakan dia jauh dari kematian. Seakan kematian ada dalam genggamannya dan bisa dia kendalikan.

Saudaraku, syarat mati tidak harus tua. Syarat mati tidak harus sakit. Kematian bisa menjemput seseorang kapan saja dan dimana saja. Lihatlah betapa banyak anak muda yang belum sampai tua namun ajal telah menjemputnya. Lihatlah betapa banyak orang yang sehat wal afiat kemdian mati dengan cara yang mendadak.

------


PERKATAAN PARA ULAMA TENTANG BAHAYA MENUNDA TAUBAT

Ibnul Qoyyim AlJauziyah rahimahullah berkata "Berbuat dosa dan kemaksiatan adalah perbuatan yang sangat buruk. Dan menunda-nunda taubat darinya adalah termasuk perbuatan dosa itu sendiri." 

Dalam kesempatan yang lain dia berkata "Bertaubat nasuha dari sebuah dosa maksiat adalah sifatnya wajib untuk segera dilakukan. Tidak boleh untuk menunda-nundanya. Jika seseorang berniat untuk menundanya, maka menunda itu termasuk bagian dari maksiat itu sendiri." (Madarijus Salikin 1/205)

Imam Al Ghozali rahimahullah berkata (setelah mengatakan bahwa syarat mati tidak harus tua dan sakit) 

"Dan lihat pula banyak orang tua yang sampai pada masa tuanya namun tetap dalam kelalaian, kemaksiatan, bergelimang dosa, dan tidak mau bertaubat hingga ajalnya tiba. Karena itu jangan pernah menunda-menunda taubatmu, segeralah perbaiki hidupmu selama Allah berikan kesempatan hidup." (Ihya Ulumuddin)

Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan :

تأخير التوبة في حال الشباب قبيح ففي حال المشيب أقبح وأقبح

"Menunda taubat di masa muda adalah perbuatan yang buruk. Dan menundanya di masa tua lebih buruk dan lebih buruk lagi." (Lathoiful Ma'arif 370)

-------


Saudaraku, mari kita beristighfar memohon ampunan setiap kali kita berbuat dosa, kesalahan dan kemaksiatan. Jangan sampai enggan memohon ampunan dan enggan untuk bertaubat. Ingatlah perkataan Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu "Ketahuilah sesungguhnya manusia yang merugi adalah manusia yang tidak mau bertaubat hingga kematian tiba menjemputnya sedangkan dia banyak berbuat maksiat."

Semoga Allah Ta'ala memberi taufiq dan hidayah-Nya kepada kita agar bisa istiqomah di jalan-Nya, dan  bisa bertaubat dengan sungguh-sungguh sebelum ajal tiba. Aamiin yaa Rabbal 'aalamiin.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh


Catatanku: 

Tak ada wanita yang sempurna...Yang ada ...dibalik ketidak sempurnanya......dia selalu berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya ..

Tak ada wanita yang selalu dalam keadaan baik baik saja...Yang ada hanya ia yang selalu berusaha tersenyum dan ridlo atas ketentuan Sang Pencipta...

Tak ada wanita yang tak diuji dengan hal manis yang bisa menghancurkannya. Yang ada ia yang keras pada dirinya sendiri agar ia tetap selamat...

Tak ada wanita yang tak pernah mengalami tergoresnya hati dan kecewa.Yang ada  dia yang selalu berusaha memaafkan dan tak menampakkannya pada orang lain...

Indah...Saat dalam keterpurukan ia tetap lembut dan baik hati...

Ayu...Tatkala sepi nya ia isi dengan  hal positive dan manfaat... Dan membuatnya semakin dekat dengan Sang Pengasih..

Cerdas...Kala semua yang ia lalui membuatnya makin kuat dan bijak...Tetap survive dan tetap elegant melalui terjal dan berliku nya jalan yang ia lalui...

Wanita...

Kau sangat berharga...

Jaga dirimu selalu...🌹

Written by : Siti Nurjanah | Blog Siti Nurjanah

Terimakasih telah membaca artikel: JANGAN MENUNDA-NUNDA TAUBAT, yang ditulis oleh Siti Nurjanah, pada hari Jumat, 11 Agustus 2023. Jika pembaca ingin sebarluaskan artikel diatas, mohon sertakan sumber link asli di bawah ini. Kritik, saran maupun pertanyaan dapat anda sampaikan di kotak komentar atau SMS ke; 0858-7023-2258. Ok...thanks!.

Share artikel diatas: :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support, Design & Published by: Creating Website | Johny Template | Mas Template | Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014, Author: Siti Nurjanah - All Rights Reserved