Info Pendidikan:
Home » » MELANGKAH PASTI BERSAMA UNIVERSITAS TERBUKA

MELANGKAH PASTI BERSAMA UNIVERSITAS TERBUKA

Written By Siti Nurjanah on Rabu, 24 Juni 2015 | 02.19


 Welcome, and happy studiying in Universitas Terbuka! Congratulation for you all!”, itulah kalimat pembuka yang biasa saya ucapkan ketika mengawali tutorial perdana di depan kelas tutorial mahasiswa Universitas Terbuka salah satu Pokjar Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Biasanya para mahasiswa antusias dengan jawaban: “Welcome!” dan bonus wajah semringah (berseri-seri, red). Sebagai awal pertemuan, biasanya saya kondisikan agar lebih dekat dengan para mahasiswa dengan melanjutkan komunikasi dua arah. “Kembali saya ucapkan selamat, karena anda telah memilih dan berada di jalur yang benar. Anda tidak salah pilih karena telah bergabung di universitas terbesar di dunia!”, kataku. Mendengar kalimat terakhir, dapat teramati berbagai asumsi yang terpancar di mimik wajah,  maupun celoteh mahasiswa. Ada yang heran sambil berpandangan dengan teman di sebelahnya, ada yang tersenyum, tertawa, bahkan ada yang keheranan. Bahkan ada pula yang nyelethuk: “ universitas terbesar, karena kampusnya sampai tidak muat menampung perkuliahan (tutorial, red). Nih, kita sampai nebeng di gedung-gedung instansi lain!”, lanjutnya. Spotan, seisi ruang tertawa kompak. Senang rasanya ketika berhasil memfokuskan perhatian  mereka.
Sebagai tutor semenjak tahun 1993, saya merasa punya kewajiban untuk mengarahkan mahasiswa agar mereka lebih mantab menempuh tutorial. Mahasiswa UT datang dengan kondisi yang kompleks. Sebagian memang merasa perlu, namun ada yang sekedar ikut-ikutan, keterpaksaan, berbalik arah karena ijazah yang dikantongi tidak laku, sekedar ingin mendapat gelar, gengsi karena teman lain sebagian besar kuliah, biaya murah, dan berbagai alasan lain. Memfokuskan perhatian untuk sebuah misi adalah hal terpenting sebelum melangkah. Memahami misi yang akan dicapai membuat seseorang melakukan sesuatu dengan optimis, tanpa rasa gamang, sehingga akan mendapatkan hasil yang optimal.


Mengapa UT dapat membuat anda optimis?

Sahabat mahasiswa dan calon mahasiswa Universitas Terbuka . Julukan tentang universitas terbesar di dunia bagi Universitas Terbuka adalah tepat. Begitu pula dengan asumsi bahwa kampus UT tidak muat menampung seluruh mahasiswa yang sedang melaksanakan tutorial adalah benar. Selain karena jumlah mahasiswa yang meningkat pesat di setiap masa regristasi, juga karena jangkauan yang makin luas.

A.     Jangkauan yang Luas

Jangkauan yang luas tercipta karena keberhasilan UT dalam menjalin kerjasama dengan berbagai organisasi internasional seperti: SEAMEO (South-East Asian Ministers of Education Organization), UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), dan SEAMOLEC (SEAMEO Regional Open Learning Center) dalam upaya untuk mengembangkan pendidikan jarak jauh, World Bank dalam I’M HERE Project, DBE-USAID, dan OSAKA GAS Foundation.

UT adalah salah satu anggota pendiri beberapa organisasi internasional bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh seperti Asian Association of Open University (AAOU), the Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAME-SEAMOLEC), dan Global Mega-University Network (GMUNET). UT juga anggota aktif dari International Council for Open and Distance Education (ICDE).

B.     The Top Ten Mega University of The Word

Sejak diresmikan pada tahun 1984, UT mendapatkan mandat dari pemerintah untuk memberikan kesempatan luas kepada semua warga negara Indonesia, baik yang baru lulus SLTA maupun yang sudah bekerja untuk mengikuti pendidikan tinggi tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, umur, dan tempat tinggal mereka. Hingga tahun 2014, jumlah mahasiswa aktif sebanyak 426.503 orang.(Universitas Terbuka, 2015). UT tergolong dalam “The Top Ten Mega University of the World” dan salah satu anggota sekaligus pendiri “The Global Mega-University Network (GMUNET). GMUNET didirikan pada tahun 2003 merupakan jaringan universitas terbuka seluruh dunia dengan jumlah mahasiswa yang terdaftar lebih dari 100.000 orang.
Universitas Terbuka adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia. Mayoritas mahasiswa UT sudah bekerja, terutama guru. Karena kesibukan tugas, tak mungkin bagi mereka kuliah di perguruan tinggi reguler.

C.     Sistem Pembelajaran Layaknya PT Reguler

Kuliah di UT sekarang berbeda dari dulu. Dulu, kuliah di UT menggunakan sistem moduler penuh. Mahasiswa hanya membaca modul, tanpa pernah bertemu dosen (tutor). Sekarang, mahasiswa dapat bertatap muka dengan dosen/tutor secara berkala (sistem tutorial). Setiap semester ada delapan kali tatap muka dosen-mahasiswa. Biasanya Sabtu dan Minggu. Dengan tatap muka seperti itu, meski dengan durasi terbatas, mahasiswa UT dapat merasakan layaknya kuliah di perguruan tinggi reguler. Interaksi antara dosen dan mahasiswa pun dapat terjalin, sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran.
Tanpa memandang kondisi mahasiswa, sistem belajar terbuka dan jarak jauh yang diterapkan UT membantu pencapain tujuan belajar karena: waktu registrasi leluasa sepanjang tahun dengan masa regristasi 2 kali setahun, ruang, waktu, dan tempat belajar yang fleksibel sesuai dengan kondisi mahasiswa, tidak ada pembatasan jangka waktu penyelesaian studi dan tidak memberlakukan sistem drop out, tidak ada pembatasan, baik tahun kelulusan ijazah SLTA maupun umur; penggunaan materi belajar multimedia, termasuk bahan belajar cetak baik yang dilengkapi dengan kaset audio dan video/CD, siaran radio dan TV, maupun bahan belajar berbasis komputer dan internet.
Untuk menjamin kualitas bahan ajar, mulai tahun 2008 lebih dari 100 bahan ajar UT telah ditakar oleh para pakar dari berbagai Perguruan Tinggi terkemuka. Hasil penakaran menunjukkan, bahwa rata-rata bahan ajar baik dilihat dari kualitas setiap modul maupun keseluruhan berada pada katagori bagus. Effek positifnya Budiwati, 2009 menyatakan bahwa lebih dari 80% pakar yang menakar menyatakan akan menggunakan bahan ajar UT sebagai salah satu referensi mengajar. (Widiyaningsih, 2010).
D. Beasiswa
 Seperti halnya Perguruan Tinggi favorit lain, Universitas Terbuka  juga memberikan beasiswa sebagai bentuk kepedulian terhadap prestasi dan kualitas pendidikan . Salah satunya adalah beasiswa  Pendidikan S1 yang diberikan kepada calon mahasiswa yang diterima di UT melalui UMB-PT 2015 yang diselenggarakan oleh Perhimpunan SPMB Nusantara. (Perhimpunan SPMB Nusantara, 2015)
E. Akreditasi Terjamin

UT telah mendapatkan akreditasi, baik akreditasi nasional maupun internasional. Secara internasional, UT telah memperoleh Akreditasi Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS. Di samping itu, sebagian besar program studi di UT telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT).(Universitas Terbuka, 2015). Inilah hal yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa UT yang telah bekerja dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS). Secara periodik seorang PNS wajib melaporkan seluruh kegiatan penilaian yang tertuang dalam Pengajuan Angka Kredit (PAK). Diantara persyaratan khusus studi lanjut yang dapat diperhitungkan dalam penghitungan PAK adalah studi lanjut yang dilaksanakan di Perguruan Tinggi yang telah mendapatkan akreditasi minimal B dari BAN-PT. Adapun satu-satunya Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh adalah Universitas Terbuka. Hal ini tentu secara tidak langsung juga menguntungkan bagi mahasiswa yang belum maupun yang bukan berstatus PNS. Dengan fakta di atas, tidak ada alasan keraguan atas ijazah bodong (palsu,red).


Sahabat mahasiswa dan calon mahasiswa Universitas Terbuka, fakta tersebut menunjukkan bahwa pemerintah punya komitmen untuk menyediakan pendidikan tinggi yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat. Karena itu masyarakat tak perlu lagi memandang sebelah mata mahasiswa dan lulusan UT. Namun, hal itu juga merupakan tantangan bagi mahasiswa UT untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan, kualitas diri menjadi lebih baik. Kualitas UT bukan hanya ditentukan oleh regulasi, kurikulum, dosen/tutor, melainkan juga oleh semangat juang mahasiswa untuk menambah ilmu. Jadi, untuk apa terlalu banyak pertimbangan untuk bergabung sebagai bagian dari  The Top Ten Mega University of The Word”?


Sumber:
Perhimpunan SPMB Nusantara, 2015.  Beasiswa UT.Universitas Indonesia, Jakarta http://www.spmb.or.id/?page_id=280
Universitas Terbuka, 2015. UT dalam Angka,  http://www.ut.ac.id/
Universitas Terbuka, 2015. Tentang UT Sistem Jaminan Kualitas,  http://www.ut.ac.id/
Widiyaningsih, Sri. 2010. UT Makin Berkualitas?, 4 Maret 2010.
 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penulis : Alumni FKIP Pendidikan Biologi UT, Tutor UPBJJ-UTJawa Tengah

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”http://www.ut.ac.id/

Written by : Siti Nurjanah | Blog Siti Nurjanah

Terimakasih telah membaca artikel: MELANGKAH PASTI BERSAMA UNIVERSITAS TERBUKA, yang ditulis oleh Siti Nurjanah, pada hari Rabu, 24 Juni 2015. Jika pembaca ingin sebarluaskan artikel diatas, mohon sertakan sumber link asli di bawah ini. Kritik, saran maupun pertanyaan dapat anda sampaikan di kotak komentar atau SMS ke; 0858-7023-2258. Ok...thanks!.

Share artikel diatas: :

7 comments:

Edwin Carter Okay mengatakan... [Reply to comment]

The top ten university of the world? Hhahahaha ...

Are you crazy?

Edwin Carter Okay mengatakan... [Reply to comment]

The top ten university of the world? Hhahahaha ...

Are you crazy?

Siti Nurjanah mengatakan... [Reply to comment]

Dear Edwin Carter Okay,
Thank for your attention
..keep on to curious to UT !

henokh mengatakan... [Reply to comment]

Bagaimana dengan S2 nya?

Bung Cipto mengatakan... [Reply to comment]

Bagaimana dengan S2 nya?

Bung Cipto mengatakan... [Reply to comment]

Kalau S2 nya UT bagus tidak ya?

Siti Nurjanah mengatakan... [Reply to comment]

Dear: henokh, Bung Cipto , telah memenuhi syarat untuk berbagai keperluan kedinasan maupun stui lanjut http://pasca.ut.ac.id/ak-bapt.html

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support, Design & Published by: Creating Website | Johny Template | Mas Template | Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014, Author: Siti Nurjanah - All Rights Reserved