Info Pendidikan:
Home » » PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN (3)

PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN (3)

Written By Siti Nurjanah on Rabu, 06 Mei 2015 | 05.00

ABSTRAK

POTENSI “RASHBERY” (RICE HUSK ASH BATTERY) DENGAN PERLAKUAN PENAMBAHAN LIMBAH DETERJEN (DETERGENT WASTE) SEBAGAI ENERGI LISTRIK TERBARUKAN 

Sigit Harya Hutama

Persoalan energi terbarukan merupakan concern dari semua pihak di masa modern ini. Kehidupan manusia semakin mengalami ketergantungan akan keberadaan energi. Sementara di sisi lain, cadangan energi tak terbarukan di dunia semakin menipis. Kiranya perlu dipikirkan penemuan-penemuan baru untuk menggantikan energi tak terbarukan, sehingga keberlangsungan kehidupan manusia akan tetap terjaga. 
Abu sekam padi (rice husk ash) dan limbah deterjen (detergent waste) merupakan barang-barang yang berpotensi sebagai bahan sumber energi listrik. Konsep tersebut dituangkan dalam pembuatan rashbery (rice husk ash battery) yang memanfaatkan 2 logam yang berbeda sebagai elektrode dengan menggunakan model pengembangan dari sel volta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan limbah deterjen (detergent waste) dalam pembuatan rashbery (rice husk ash battery) sebagai energi listrik terbarukan terhadap kuat arus dan voltase dari rashbery.
Dengan menggunakan metode experimental research atau penelitian eksperiman menjukkan bahwa, penggunaan limbah deterjen (detergent waste) memberikan pengaruh terhadap kualitas dari rashbery meliputi kuat arus dan voltase yang meningkat dibandingkan dengan menggunakan air sebagai pelarutnya. Selain itu, rashbery (rice husk ash battery) mampu menghidupkan LED (light emitting diode) sehingga rashbery (rice husk ash battery) berpotensi dalam penyediaan energi listrik terbarukan di masa depan.


Kata kunci: detergent waste, kuat arus, rashbery, rice hush ash, voltase

Written by : Siti Nurjanah | Blog Siti Nurjanah

Terimakasih telah membaca artikel: PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN (3), yang ditulis oleh Siti Nurjanah, pada hari Rabu, 06 Mei 2015. Jika pembaca ingin sebarluaskan artikel diatas, mohon sertakan sumber link asli di bawah ini. Kritik, saran maupun pertanyaan dapat anda sampaikan di kotak komentar atau SMS ke; 0858-7023-2258. Ok...thanks!.

Share artikel diatas: :

1 comments:

Unknown mengatakan... [Reply to comment]

Terimakasih. sangat bermanfaat sekali infonya
apakah Ibu mempunyai laporan penelitian tersebut ?

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support, Design & Published by: Creating Website | Johny Template | Mas Template | Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014, Author: Siti Nurjanah - All Rights Reserved