Info Pendidikan:
Home » » MODUL KARYA ILMIAH SMA

MODUL KARYA ILMIAH SMA

Written By Siti Nurjanah on Rabu, 06 Mei 2015 | 05.30

Kerangka Umum Laporan Penelitian
Kerangka penulisan karya ilmiah di SMA Negeri 1 Rembang terdiri tiga bagian utama; bagian awal, bagian inti dan bagian akhir.Pada bagian awal dan akhir tidak terdapat perbedaan antara penelitian kualitatif maupun kuantitatif.Sedangkan bagian inti, penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif memiliki kerangka penulisan yang sedikit berbeda, terutama pada bagian metodologi penelitian. Bab ini akan menguraikan keseluruhan bagian dari kerangka penulisan karya ilmiah di SMA Negeri 1 Rembang.
1.    Bagian Awal
Bagian awal laporan penelitian terdiri dari:
a.    Halaman sampul depan
Halaman ini memuat berturut-turut judul penelitian, laporan penelitian, logo SMA N 1 Rembang, nama peneliti, NIS, kalimat: “DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, SMA NEGERI 1 REMBANG“, dan tahun pembuatan. Halaman ini memakai kertas buffalo atau linen.
http://nsiti7.blogspot.com/2015/05/penyusunan-laporan-penelitian-1.html
b.    Halaman sampul dalam
Halaman ini memuat materi yang sama dengan halaman sampul depan tetapi mamakai kertas putih.
c.    Halaman pengesahan
d.   Halaman mottoHalaman ini memuat tanggal, bulan, tahun pegesahan, nama lengkap dan tanda tangan pembimbing dan diketahui kepala sekolah. Contoh Halaman Pengesahan adalah sebagai berikut :http://nsiti7.blogspot.com/2015/05/penyusunan-laporan-penelitian-2.htm.
d. Halaman ini memuat motto atau tagline dari peneliti baik itu karya sendiri maupun hasil kutipan dari tokoh-tokoh terkemuka. 
e.    Kata pengantar
Halaman ini memuat pernyataan terima kasih peneliti kepada mereka yang telah membantu dalam melakukan penelitian, dan dalam penyusunan naskah, bantuan moril dan materiil dan pihak tertentu yang dianggap penting dan berperan dalam penyelesaian laporan penelitian.
f.     Abstrak
Abstrak berisi tujuan, metodologi, hasil penelitian, kesimpulan dan saran, yang ditulis dalam masing-masing paragraf dan disertai minimal tiga, maksimal lima kata kunci di akhir halaman abstrak. Jumlah kata dalam abstrak paling sedikit 75 dan paling banyak 200 kata dan diketik dengan spasi rapat (satu spasi). Contoh Abstrak adalah sebagai berikut :
 http://nsiti7.blogspot.com/2015/05/penyusunan-laporan-penelitian-3.html 
g.    Daftar isi
Daftar ini memuat semua bagian dalam laporan, termasuk urutan Bab, Sub Bab dan Anak Sub Bab dengan nomor halamannya. Contoh dafatar isi adalah sebagai berikut :
http://nsiti7.blogspot.com/2015/05/penyusunan-laporan-penelitian-4.html 
h.    Daftar tabel
Daftar tabel memuat nomor urut tabel, judul tabel dan nomor halaman. 
i.      Daftar Gambar
Daftar gambar memuat nomor urut gambar, judul gambar dan nomor halaman. Contoh penamaan gambar adalah sebagai berikut : 
http://nsiti7.blogspot.com/2015/05/penyusunan-laporan-penelitian-5.html
j.      Daftar lampiran
Daftar lampiran memuat nomor urut lampiran, judul lampiran dan nomor halaman. Contoh halaman Daftar Lampiran adalah sebagai berikut: 
http://nsiti7.blogspot.com/2015/05/penyusunan-laporan-penelitian-5.html

2.    Bagian Inti
Kerangka penulisan bagian inti terdiri dari lima bab, yakni Bab 1 Pendahuluan, Bab 2 Landasan teori, Bab 3 Metode Penelitian, Bab 4 Pembahasan dan Bab 5 Kesimpulan dan Saran.  
http://nsiti7.blogspot.com/2015/05/penyusunan-laporan-penelitian-6.html 


3. Bagian Akhir
Bagian akhir terdiri dari:
a.    Daftar pustaka
Daftar pustaka berisi seluruh referensi yang digunakan dalam penyusunan laporan penelitian. Format penulisan daftar pustaka diatur pada Bab Penulisan Referensi.
b.    Lampiran


Lampiran merupakan bagian yang memuat keterangan atau data tambahan.Di dalamnya dapat dihimpun contoh penghitungan statistik dan sesuatu yang dianggap dapat melengkapi penulisan laporan penelitian.

Written by : Siti Nurjanah | Blog Siti Nurjanah

Terimakasih telah membaca artikel: MODUL KARYA ILMIAH SMA, yang ditulis oleh Siti Nurjanah, pada hari Rabu, 06 Mei 2015. Jika pembaca ingin sebarluaskan artikel diatas, mohon sertakan sumber link asli di bawah ini. Kritik, saran maupun pertanyaan dapat anda sampaikan di kotak komentar atau SMS ke; 0858-7023-2258. Ok...thanks!.

Share artikel diatas: :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support, Design & Published by: Creating Website | Johny Template | Mas Template | Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014, Author: Siti Nurjanah - All Rights Reserved