Info Pendidikan:
Home » » Managemen Pengerjakan Soal Ujian

Managemen Pengerjakan Soal Ujian

Written By Siti Nurjanah on Senin, 24 Februari 2014 | 06.54


gambar lembar jawab try out unas
Kurang/tidak berhasil mendapatkan nilai yang baik pada ujian maupun tes bisa jadi karena siswa tidak terampil mengatur waktu saat mengerjakannya. Berikut ini salah satu tip mengerjakan soal dengan pengaturan waktu yang baik:

Periode I

  • Stabilkan emosi. 
Tidak dipungkiri, sebagian peserta ujian saat awal mendapatkan bagian soal perasaan tidak stabil karena yang dihadapi adalah moment penting untuk masa depan. Kestabilan emosi adalah kunci berpikir jernih. Usahan emosimu stabil dengan cara : tidak sibuk mencari celah untuk menerapkan keinginan berbuat curang dalam ujian, dan mengsi identitas diri dengan cermat pada 5 menit pertama. 
  • Kerjakan soal secara umum. 
Kerjakan soal ujian secara urut dengan satu kali membaca soal, dan beri tanda jawaban yang kamu pilih langsung pada lembar soal. Apabila bertemu dengan soal yang belum bisa terselesaikan, teruskan ke soal berikutnya dengan tidak lupa memberi tanda pada nomer soal.(Jangan mengulang-ulang membaca/memahami soal). Lakukan sampai pada nomer soal terakhir. Langkah ini sangat efektif untuk keberhasilan menstabilkan emosi, karena kamu telah mengetahui seluruh isi soal. 
  • Masukkan ke Lembar Jawab.
Hati-hati dan teliti dalam memindah jawaban ke lembar jawab. Cukup memberi tanda strip tipis pada kolom lembar jawab, jangan lupa memberi tanda nomer jawaban yang belum terisi. 
  • Hitamkan Jawaban
Kegiatan mengerjakan soal dan menghitamkan jawaban jangan dilakukan selang-seling, hal ini akan menyebabkan boros waktu dan muncul kesalahan dalam memindah jawaban. Hitamkan tiap nomer yang telah ada tanda jawaban seperlunya (jangan terlalu tebal, yang penting dapat terbaca scenner), untuk menghindari LJK rusak karena menghapus jawaban. 
  • Tutup LJK. 
Singkirkan LJK yang telah terisi dengan tetap meletakkan di atas meja dengan posisi terbalik. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu konsentrasi teman di belakang atau di samping tempat dudukmu!

Periode II
  • Ulangi langkah periode I, untuk soal yang belum terjawab.
Di sini kamu akan buktikan bahwa emosi yang stabil mendukung seseorang dapat berpikir jernih. Soal yang tadinya belum terjawab di periode I, ternyata berhasil terjawab. Kamu boleh mengulang membaca untuk memahami soal. Jangan lupa, isikan pada lembar jawaban bila jawaban sudah terkumpul, yaa! 

Periode III
  • Lakukan seperti periode II, apabila masih ada soal yang belum terselesaikan. 
  • Teliti identitas dan sempornakan jawaban.

   Tips tersebut bisa dipakai sebagai salah satu pilihan siswa, untuk menghindari kesalahan fatal yang dilakukan siswa sendiri.  Misalnya, terlalu asyik kerjakan soal, belum memindah jawaban, sedangkan waktu sudah nyaris selesai. GaTot, alias gagal total! Sepuluh menit terakhir pastikan kamu sudah mencek identitas. Dear students...., terapkan tips ini dengan membiasakan diri saat uji coba/try out, yaa!

Written by : Siti Nurjanah | Blog Siti Nurjanah

Terimakasih telah membaca artikel: Managemen Pengerjakan Soal Ujian, yang ditulis oleh Siti Nurjanah, pada hari Senin, 24 Februari 2014. Jika pembaca ingin sebarluaskan artikel diatas, mohon sertakan sumber link asli di bawah ini. Kritik, saran maupun pertanyaan dapat anda sampaikan di kotak komentar atau SMS ke; 0858-7023-2258. Ok...thanks!.

Share artikel diatas: :

4 comments:

setiadi uchiha mengatakan... [Reply to comment]

kalau dah bener" gak bisa bu.? hehehe

Siti Nurjanah mengatakan... [Reply to comment]

@setiadi uchiha
Sebelum sampai pada tahap bener2 gak bisa...tentu harus melewati dulu tahap bener2 berusaha. Terimakasih atas komentar pertamanya di blog ini.

izzaturrohmah syahputri mengatakan... [Reply to comment]

saya sangat setuju bu, emosi menentukan keberhasilan.. (y)

Siti Nurjanah mengatakan... [Reply to comment]

@izzaturrohmah syahputriterimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...keep your spirit!!

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support, Design & Published by: Creating Website | Johny Template | Mas Template | Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014, Author: Siti Nurjanah - All Rights Reserved