I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
Masalah
1.
Identifikasi Masalah:
menjelaskan kondisi pembelajaran yang
terjadi di kelasnya
menjelaskan pembelajaran yang diharapkan
sesuai dengan pendapat ahli
2.
Analisis Masalah
3.
Alternatif dan prioritas pemecahan masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
Perbaikan Pembelajaran
D. Manfaat Penelitian
Perbaikan Pembelajaran
II. Kajian Pustaka
III. Pelaksanaan
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
A. Subjek, Tempat, dan
Waktu Penelitian
B. Desain Prosedur
Perbaikan Pembelajaran
C. Teknik Analisis Data
IV. Hasil Penelitian
dan Pembahasannya
A. Deskripsi Hasil
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
B. Pembahasan Hasil
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
V. Simpulan dan Saran
Tindak Lanjut
1.
Simpulan
2.
Saran Tindak Lanjut
Daftar Pustaka
Penulisan
Daftar Pustaka: menggunakan American Psychological Association (APA) Style
·
Buku: nama belakang, singkatan nama
depan. (tahun). Judul. Nama tempat penerbitan:Penerbit.
·
Periodicals/jurnal ilmiah: nama
belakang, singkatan nama depan. (tahun). Judul artikel. Nama Periodicals, vol
(nomor), nomor halaman.
Catatan
kaki diletakkan di belakang naskah, kecuali catatan kaki yang memberikan
elaborasi dapat diletakan pada halaman yang bersangkutan
Contoh
Susunan Daftar Pustaka
Departemen
Pendidikan Nasional. (2002). Standar kompetensi guru kelas SD-MI Program
Pendidikan
DII PGSD. Jakarta: Depdiknas, Dirjen
Dikti, Dit. P2TH-KT.
FKIP-UT.
(2003). Studi Kelayakan Program SP PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hilgard,
Ernest R, & Bower, Gordon H. (1975). Theories of Learning. 4th Edition. New
Jersey:Prentice
Hall, Inc.
Syah,
Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:
Rosdakarya
Tim
FKIP. (1997). Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Jakarta: Universitas
Terbuka
Wardani,
I G. A. K. ; Wihardit, K; & Nasoetion, N. (2000). Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Catatan
Khusus
Plagiat merupakan pelanggaran yang
serius di dunia akademik, baik yang sengaja ataupun tidak sengaja, sehingga
harus dihindari. Menurut definisi “Plagiat merupakan perbuatan secara sengaja
atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai
untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau
karya ilmiah orang lain, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai”
(Permendiknas No 17 tahun 2010, Pasal 1 Ayat 1).
Secara umum plagiat adalah penggunaan
atau peniruan yang mirip dengan aslinya atas kalimat,bahasa, dan pemikiran dari
pengarang lain tanpa menyebutkan sumbernya, yang artinya mengakuinya sebagai
hasil kerja/pemikiran asli dari penulis. Tindakan plagiat ini dapat dideteksi
secara manual maupun melalui aplikasi komputer. Universitas Terbuka akan
melakukan uji deteksi plagiat melalui aplikasi komputer yang khusus disiapkan
bagi Jurnal Online Universitas Terbuka. Tulisan yang terdeteksi sebagai plagiat
tidak akan dimuat dalam publikasi Jurnal Online Universitas Terbuka. Bagi yang
melakukan plagiat harus membuat artikel baru untuk memenuhi kewajiban publikasi
ilmiah Anda, dan hal ini akan menghambat kelulusan Anda.
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !